Home » , » Menilik Konsumsi Probiotik Dapat Mencegah Kanker Usus Besar?

Menilik Konsumsi Probiotik Dapat Mencegah Kanker Usus Besar?

Menilik Konsumsi Probiotik Dapat Mencegah Kanker Usus Besar - Kesehatan adalah salah satu nikmat yang sangat mahal harganya. Saat ini, orang pun makin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Salah satu hal yang paling dasar untuk dilakukan untuk senantiasa menjaga kesehatan adalah dengan pola hidup sehat. Pola hidup sehat meliputi kebiasaan untuk berolahraga, menghindari pola makan yang tidak sehat, dan konsumsi makanan yang tinggi nutrisi. Kali ini kita akan membahas salah satu alasan kenapa suatu jenis makanan sehat untuk dikonsumsi. Salah satunya adalah makanan yang mengandung probiotik. Sebenarnya apakah itu probiotik?.


Probiotik merupakan mikroorganisme yang bisa membantu mencegah dan menanggulangi penyakit. Anda bisa mendapatkan probiotik dari makanan, minuman, dan suplemen yang saat ini sudah beredar luas di pasaran.
Selain menjaga pola makan dan gaya hidup, mengonsumsi probiotik ternyata bisa menjadi salah satu cara mencegah munculnya kanker usus dalam tubuh
Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari Fahrial Syam mengatakan mengonsumsi probiotik dapat membantu sistem pencernaan sehingga dapat membantu mencegah munculnya kanker usus besar.
"Probiotik itu makanan kesehatan, salah satunya untuk mencegah berbagai macam masalah penyakit pencernaan, probiotik bagus karena memberikan kuman-kuman baik di usus kita," ujar Ari saat ditemui usai mengisi acara Kanker Usus Besar Bisa Dicegah dan Diatasi dan Peluncuran Aplikasi Berbasis Android 'Apa Kata Dokter' di Ruang Senat FKUI, Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018).
Ari menjelaskan kuman-kuman baik yang dihasilkan dari probiotik tersebut akan membantu proses fermentasi atau pembusukan dari kotoran yang menumpuk di dalam usus. "Dengan proses fermentasi yang baik, maka lebih banyak [kotoran dalam usus] yang dikeluarkan, selain itu juga proses antara probiotik dan serat akan memberikan makanan bagi usus kita, jadi jelas bahwa probiotik itu makanan kesehatan dan masuk salah satu yang bisa mencegah terjadinya kanker usus besar," jelas Ari.
Konsumsi probiotik dapat diperoleh dari produk pangan olahan seperti yoghurt, yakult, keju, es krim, permen, dan yoghurt beku. Jumlah minimal probiotik yang ada dalam makanan sebesar 106 CFU/g. CFU adalah kepanjangan dari colony forming unit, yaitu satu konoli bakteri yang bisa membelah diri menjadi koloni yang biru. Jumlah minimum tersebut diperlukan untuk mengimbangi kemungkinan penurunan jumlah bakteri probiotik pada saat berada dalam jalur pencernaan. Salah satu karakteristik dari probiotik adalah tidak hanya mampu bertahan melewati saluran pencernaan tetapi jg memiliki kemampuan untuk berkembang biak di dalamnya. Hal itu berarti probiotik harus tahan terhadap cairan lambung dan dapat tumbuh dalam cairan empedu yang terdapat dalam saluran pencernaan. Demikian sedikit review tentang probiotik. Semoga bisa bermanfaat dan memberikan informasi betapa hebatnya kinerja mikroba tersebut.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Copyright © 2018. wonkbejho.web.id - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template