Home » , » Mengenal Cara menjaga mental tetap sehat

Mengenal Cara menjaga mental tetap sehat

Written By wonk bejho on Senin, 01 April 2019 | 14.10.00

Mengenal Cara menjaga mental tetap sehat - Pentingnya kesehatan mental menjadi tantangan bagi kita untuk menjaga kesehatan tersebut dalam kondisi kehidupan zaman modern kini dengan tingginya tuntutan kebutuhan dan persaingan hidup. Tidak usah pusing, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan mentalmu. Mari, simak!

Mengenal Cara menjaga mental tetap sehat

Untuk menjaga mental tetap sehat, ada baiknya untuk meningkatkan pikiran positif dalam diri. Berikut beberapa tips untuk membantu meningkatkan kesehatan mental. 

1. Bicara tentang yang Anda rasakan
Bicara tentang semua yang Anda rasakan adalah hal yang penting untuk kesehatan mental Anda. Pilih orang yang Anda percaya untuk jadi tempat berbagi cerita dan masalah yang dihadapi. Jangan pendam sendiri masalah, terutama saat Anda tak bisa menyelesaikannya sendiri. 

2. Bergerak aktif
Olahraga dan membuat tubuh tetap aktif akan melepaskan hormon kimia di otak yang bisa membuat Anda bahagia. 

Hanya saja olahraga tak harus selalu pergi ke gym. Jalan-jalan santai di taman atau mengerjakan tugas rumah tangga juga bisa membantu Anda tetap sehat. Para ahli mengungkapkan bahwa latihan aktif 30 menit setidaknya lima hari seminggu adalah jumlah yang tepat untuk jaga kesehatan mental.

3. Makan sehat
Makan makanan yang sehat tak hanya akan membuat tubuh Anda jadi sehat. Memilih asupan makanan sehat akan membantu menjaga kesehatan mental seseorang juga. Memberikan tubuh beraneka makanan bernutrisi tinggi akan membuat otak jadi lebih sehat dan berfungsi dengan baik. Selain itu itu makanan sehat dan lezat tak dimungkiri bisa membuat seseorang jadi lebih bahagia. 

4. Tidur cukup
Tidur adalah faktor penting yang harus dilakukan untuk bisa sehat secara fisik dan mental. Kurang tidur dapat memengaruhi suasana hati serta memicu stres. Sangat penting memerhatikan jadwal rutin dan kualitas tidur, juga hindari menggunakan gawai saat sudah berbaring.

Mengenal Cara menjaga mental tetap sehat

5. Berhubungan baik dengan keluarga
Keluarga dan teman adalah obat terbaik untuk mengembalikan semangat saat Anda merasa depresi atau jatuh dalam tekanan. Sebuah pelukan hangat atau melihat senyum tulus mereka yang mencintai Anda akan jadi obat penyembuh tersendiri. 

6. Lakukan hobi
Mengutip The Union dari University of Portsmouth Students Unionm, membebaskan stres dengan melakukan hobi Anda masing-masing. Lakukan apa yang Anda kuasai sehingga akan meningkatkan kepercayaan diri Anda. 

7. Fokus untuk selalu bersyukur
Semua agama di dunia menekankan pentingnya rasa syukur. Rasa syukur dapat mengurangi persaan emosi beracun, mulai dari iri hati dan dendam hingga frustrasi dan penyesalan. Robert Emmons, pakar ilmiah terkemuka di dunia tentang rasa syukur, telah melakukan banyak penelitian tentang hubungan antara rasa syukur dan kesejahteraan. Penelitiannya menegaskan bahwa rasa syukur secara efektif meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi depresi. Kamu bisa menuliskan rasa syukurmu pada secarik kertas dan meletakkannya dalam toples untuk dibaca saat kamu ada di masa-masa sulit kehidupan dan lihatlah dampak positifnya pada kesehatan mentalmu.

8. Membantu orang lain
Banyak orang mengalami depresi, bahkan remaja yang sedang menghadapi masa pencarian jati diri. Jika melihat seseorang berjuang melawan depresi, jangan ragu untuk membantu. Banyak pula situs dan lembaga khusus yang menawarkan penanganan serta bantuan.

Dengan mengenal cara-cara di atas saya yakin Kesehatan mental akan selalu terjaga, dan hal tersebut bisa anda mencobanya demikian Mengenal Cara menjaga mental tetap sehat semogga bermanfaat.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts